Alternatif

Pilpres 2009 memang masih lama. Tapi kalau muka lama lagi yang disodorkan, bisa-bisa pilihannya terbatas “dia lagi dia lagi”. Sekedar mengelak dari kejumudan, tak ada salahnya melirik yang alternatif.

Rizal Mallarangeng. Pengusung slogan if there is a will there is away ini memang pantas disaluti. Slogannya sebagai generasi baru, seolah mendobrak pakem hanya orang-orang tua saja yang berani berlari mengejar kursi panas RI-1. Usianya baru 44 tahun, tapi belum jelas bakal mennunggan kuda “parpol” mana.

Fadjroel Rachman. Mantan aktivis ITB era 70-an yang pernah dibui lantaran mengritik orde baru ini, sudah mendeklarasikan dirinya sebagai capres alternatif dalam acara pertemuan aktivis lintas generasi beberapa bulan silam, di depan Tugu Proklamasi. Basis masanya belum jelas, apalagi kendaraan parpolnya. Tapi soal semangat, presenter TVRI ini boleh diacungi jempol lah.

Sutiyoso. Orang-orang tergusur di Jakarta mungkin memendam benci berakar sampai nadi kepada sosok ini. Sosok yang kerap dipanggil Bang Yos, adalah Gubernur Jakarta terunik. Menjadi Gubernur 2 periode dalam masa kepemimpinan 4 Presiden yang berbeda. Tak jelas kendaraannya, kecuali klaim belasan parpol kecil yang tak lolos verifikasi, dan katanya sudah melamar dirinya sebagai capres.

Rizal Ramli. Mantan menteri ini memang belum lugas menyatakan dirinya berniat ikut dalam hiruk pikuk pilpres 2009. Namun, dari apa yang digemborkan sebagai Jalan Baru Perubahan, bisa jadi dia berhasrat juga kesana. Suatu saat ia pernah berujar “jangan pilih Tank Mogok atau Mobil Bekas”. Tahulah maksudnya.

Akbar Tandjung. Kalau saja Partai Golkar tak menggelar Konvensi Capres, bisa jadi Bang Akbar bakal mencari tumpangan lain demi ikut berlari menuju kursi panas RI-1. Ambisi politiknya memang tinggi, tapi diimbangi kepiawaian berpolitik. Jaringannya luas.

Prabowo Subianto. Tiba-tiba jadi pembela petani. Entah kenapa mantan ijo royo-royo yang dulu dikenal kesangarannya itu kini kembali berlari mengejar kursi RI-1. Kendaraannya sepertinya sudah tak samar lagi : Garuda Emas yang berpesan jangan lupa membeli beras, telor, dan buah-buahan dari petani.

Wiranto. Ini juga ijo royo-royo yang masih berambisi menjadi Presiden. Kalah di Pilpres 2004 belum membuat kapok dirinya untuk meraih kursi RI-1. Soal kesangarannya, tak kalah dari Prabowo. Kabarnya duitnya banyak. Kendaraannya sudah dipersiapkan begitu tak lagi mendapat ruang di Golkar.

Soetrisno Bachir. Si Hidup Adalah Perbuatan ini mungkin menyadari betul, perbuatan yang pas baginya adalah membuat iklan. Kendarannya sangat terang: Partai Artis Nasional, lantaran banyak artis jadi caleg dari partai itu.

Silakan dicermati. Alternatifkah mereka. Atau sekedar menjadi figuran dalam keramaian pentas drama menuju RI-1.

Rz, saya-sih-suka-musik-alternatif

Iklan

8 thoughts on “Alternatif

  1. SB, Wiranto, Akbar, Prabowo, Bang Yos, dan RR orang lama smua. skip!
    fadjroel sama RM boleh lah anak muda. tp sayang ya RM dekat sama Bakrie dan Mega. padahal intelektualitasnya yah lumayan lah. ga kaya presiden kita yg 2x ditipu. :p

  2. maaf jika isi pesan berikut mengganggu aktivitas kamu.. aku cuma mau kasih tau aja, ada sebuah situs social bookmarking yang berisi kumpulan berita-berita menarik yang paling update diseluruh indonesia,dan memang situs ini berbasis bahasa indonesia… klo nggak keberatan tolong cek situs ini yah.. semoga bermanfaat..

    >>> http://www.lintasberita.com

    coba di share aja semua tulisan km di situs itu ,mudah2an bisa membantu naikkan traffic blog ini ,keep up the good post ok.. btw.. ever thought bout adding lintasberita’s widget?? cek disini aja yah

    >>> http://www.lintasberita.com/tools.php

    thanks…. sory klo keliatannya spamming.. but seriously… im just helping you out here…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s