Caleg Ndableg

Studio siaran Radio Gaga pukul 07.00 pagi.

Radio Gaga hari ini memulai siaran. Sang penyiar mengabarkan tentang fenomena baru perpolitikan Negara Indonesia pasca pemilihan langsung Kepala Daerah serentak di 33 Provinsi.

Berita pertama datang dari Medan. Dikabarkan, Ruhut “Poltak” Sitompul sukses memenangi Pilkada Gubernur Sumatera Utara. Kawannya yang lain di kota Padang, Dude Herlino, juga terpilih sebagai Gubernur Sumatera Barat. Helmi Yahya pun versi quick count diramalkan bakal meraih kursi Wakil Gubernur Sumatera Selatan mendampingi Anwar Fuady sebagai calon pemilik mobil berpelat BG 1.

Dari Sumatera, siaran melambung ke ujung Sulawesi. Disana dilaporkan Angelina Sondakh baru saja terpilih sebagai Gubernur perempuan pertama Sulawesi Utara, ditemani Cynthia Lamusu yang mencatat rekor serupa di Provinsi Gorontalo. Cynthia mengalahkan Cici Faramida yang tak lagi bergema alunan suara dangdutnya di seantero Indonesia.

Makin ke timur, Radio Gaga menyiarkan kabar menarik. Dari Papua datang kabar Edo Kondologit terpilih sebagai Gubernur pertama yang jago menyanyi. Edo ditemani Ari Sihasale sebagai Wakilnya. Program mereka berdua dalam waktu dekat: membangun sekolah menyanyi dan akting. Sama persis dengan Papua, Glen Fredly baru saja dilantik sebagai Gubernur Maluku termuda dalam sejarah kepemimpinan Maluku. MURI bahkan mencatatnya juga sebagai Cagub dengan suara termerdu ketika bernyanyi saat berkampanye.

Siaran Radio Gaga berakhir.

Pukul 16.00 Radio Gaga kembali menyiarkan berita. Masih mengenai fenomena pemilihan Kepala Daerah serentak. Didampingi Mastur dan Omaswati, kedua adiknya, H.Mandra menggelar konferensi pers soal kesuksesan ia merebut kursi Jakarta 1. Keberhasilan ini, menurut Mandra, yakni meneruskan ambisi Rano “Doel” Karno yang terpaksa mengurungkan niat menjadi Gubernur DKI Jakarta tahun 2007 silam, lantaran di lobi langsung oleh ibunda Bang Foke Kumis di rumahnya.

Dari Jawa Barat baru saja diumumkan bahwa Dede Yusuf terpilih sebagai Gubernur Jawa Barat baru, menyingkirkan pesaing utamanya Nicky Astria, yang mantan menantu mantan Gubernur R.Nuriana.

Di Jawa Tengah, Tukul Arwana sukses meraup suara 55 persen dalam Pilkada Gubernur. Tukul yang menggandeng Ngatini Vega sebagai Wakilnya, sanggup mengungguli popularitas Ratu Daun Rina Irianti. Di Surabaya, reporter Radio Gaga mengabarkan sedang terjadi pesta besar-besaran di Alun-alun Surabaya, tepat di depan kantor KPU Jawa Timur. Pesta itu menyambut kemenangan Ahmad Dhani dalam Pilkada Jawa Timur. Dhani unggul tipis 100 suara atas Tarzan yang dalam kampanyenya melibatkan puluhan aktor ketoprak humor.

Tak kalah hebohnya, Radio Gaga melaporkan berita dari Pulau Dewata. Luna Maya baru saja menyelesaikan prosesi pelantikan Gubernur Bali. Luna didampingi Dewa Budjana sebagai Wakilnya.

Di akhir siaran, penyiar Radio Gaga melaporkan, KPU baru saja menerima verifikasi daftar caleg dari 38 partai politik peserta pemilu. Dari daftar itu, profesi artis menempati persentase terbanyak sebagai latar belakang profesi caleg, yakni 85 persen, disusul makelar politik sebanyak 10 persen.

Bahkan ada satu partai khusus mewadahi para artis yang beralih profesi sebagai politisi. Namanya Partai Artis Nasional disingkat dengan akronim PAN. Ketua umumnya Suartisno Basir. Partai ini diprediksi bakal menggoyang Senayan dengan target menduduki 50 persen kursi parlemen.

Melihat fenomena diatas, pengamat politik beken Kardi Sanit berkomentar lirih “jadilah artis jika ingin menjadi kepala daerah atau anggota parlemen”. Ia menyarankan agar jangan ndableg, jadi politisi dulu baru kemudian menjadi artis.

“jangan seperti pemeran Laksamana Cheng Ho itu” ujar Kardi menyindir mantan Menteri yang dicopot Presiden SBY tahun 2007 silam.

Rz, berminat-jadi-caleg?

Iklan

7 thoughts on “Caleg Ndableg

  1. salam dari bandung
    saya sependapat dengan artikel anda
    menurut penerawanganku ( maaf bukan cuma si joko bodoh yang bisa ngomong gituan) para artis hanya di jadikan badut politik di negeri ini oleh para penguasa partai

    kapan yaah paranormal dan pesulap terjun di dunia politik, tapi kalau pesulap bahaya kalau jadi wakil rakyat kalau korupsi susah di tanggkap KPK apaligi para normal bisa di santet bohh

    artikel terbaruku….. mimpi jadi presiden
    http://esaifoto.wordpress.com

  2. fenomena artis masuk kancah politik mungkin disebabkan banyak faktor antara lain jabatan akan lebih langgeng daripada popularitas artis. Atau memang masyarakat udah capek sama politisi kita yang cuma bisa cuap2 sembari ngerampok uang rakyat. 🙂 🙂
    salam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s