Tank Mogok & Mobil Bekas

Barang usang memang tak lagi nyaman digunakan. Lebih baik dibuang atau dikandangkan, kalau tak siap menghadapi rewelnya barang usang.

Seperti gagalnya para Jenderal dan tokoh tua bermuka lama di Pilkada Idol bisa jadi karena rakyat sudah tak mau lagi memilih “barang usang” itu.

Saya mendengar istilah unik: Tank Mogok dan Mobil Bekas, saat liputan di Bantul kemarin.

“Jangan lagi pilih Tank Mogok dan Mobil Bekas lagi!” ucap Rizal Ramli, mantan Menteri era Presiden nyleneh Gus Dur.

Siapa si Tank Mogok itu?

Tank Mogok yang dimaksud Rizal tentunya para Jenderal yang secara pede bertarung di Pilkada Idol Jawa Barat dan Sumatera Utara.

Tank Mogok di Jawa Barat siapa lagi kalau bukan mertua pebulutangkis Taufik Hidayat yang secara mengejutkan kalah di Pilkada Jawa Barat. Tank tua itu kenapa seperti tidak pernah jera. Bukankah ia sudah kalah dalam Pilpres Idol 2004 saat digandeng Hamzah Haz, dan kemudian gagal dicalonkan menjadi Cagub DKI Jakarta oleh PDIP.

Rakyat tentu tak bodoh. Tank usang yang tak lagi memiliki rudal tangguh tentu kalah ketika diadu dengan Panzer anyar bersenjatakan rudal nuklir warna putih-biru.

Orang Sumatera Utara mungkin nyaris sama. Mereka tak lagi yakin Tank yang pernah menjadi Panglima di sepanjang Bukit Barisan itu, bakal mampu menjelajah prima selama lima tahun kedepan. Lebih baik pilih tank baru yang lebih enerjik.

Lagipula, di sisi lain rakyat sudah bosan dikomandoi “baju loreng”. Bagi mereka yang masih ingat, era tahun 70 hingga 90-an banyak “baju loreng” yang dikaryakan menjadi Kepala Daerah. Mulai dari Gubernur, pak Bupati, sampai level terendah pak Camat sekalipun lumrah diisi “baju loreng”. Pola-pola militerisme inilah yang ditenggarai membuat masyarakat sepertinya jengah, dan mencoba tak lagi dipimpin “baju loreng”.

Lalu siap Mobil Bekas? Mereka itu pejabat sipil yang sedang berkuasa. Entah itu kandidat incumbent, atau pejabat negara yang masih memegang jabatan tapi rela turun untuk bertarung di Pilkada Idol.

Mobil Bekas tak beda jauh dengan Tank Mogok. Sama-sama tak lagi dilirik rakyat untuk lima tahun kedepan.

Ohh…kasiannya mereka.

Jadi, jangan pilih Tank Mogok dan Mobil Bekas lagi ya!

Rz, pilih-limousine-aja

Iklan

8 thoughts on “Tank Mogok & Mobil Bekas

  1. hehe mbl bekas bisa di engine swap,jangan salah loh tank andalan israel itu T-55s bekas arab yang ketangkep Israel + 40thn lalu trus di up grade deh,kayaknya harus di upgarade or refurbish tuh tank-tank tua,tapi lebih ok kayaknya kalo pesawat tempur aja yang dilirik,lebih efektif,efisien dan lebih akurat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s