Pulitzer Prize 2008

Pulitzer Prize, penghargaan jurnalistik tahunan bagi para jurnalis di negeri Paman Sam kembali diberikan untuk tahun 2008. Koran The Washington Post menyabet 6 penghargaan, termasuk kategori yang paling bergengsi: layanan publik.

Menurunkan laporan soal minimnya penanganan medis bagi veteran perang AS di rumah sakit Walter Reed, membuat Washington Post memenangi kategori layanan publik. Koran yang didirikan sejak 1877 dan merupakan salah satu koran yang terbanyak oplahnya di AS itu,  juga berjaya di kategori breaking news melalui reportase penembakan massal di kampus Virginia Tech yang menewaskan seorang mahasiswa Indonesia.

Jo Becker & Barton Gellman, duo jurnalis The Washington Post juga menjadi pemenang kategori laporan nasional lewat tulisannya mengenai orang-orang dibalik layar yang berpengaruh bagi Wapres AS Dick Cheney saat melahirkan kebijakan nasional.

Steve Fainaru melengkapi kemenangan The Washington Post setelah tulisannya mengenai skandal kontraktor keamanan swasta AS yang beroperasi di Irak memenangi kategori laporan internasional.

Koran The New York Times, penyabet 7 Pulitzer Award pada 2002, tetap berjaya di kategori laporan investigasi. Walt Bogdanich &  Jake Hooker menurunkan laporan yang mengungkap kandungan bahan-bahan berbahaya dalam obat-obatan dan produk makanan China. Kasus ini sempat membuat tegang hubungan dagang AS-China. NY Times menambah gelarnya lewat ulasan Amy Harmon mengenai dilema dan isu etika dalam tes DNA sebagai pemenang kategori laporan naratif.

Karya fotografer Reuters, Adrees Latif, saat memotret kameramen Jepang Kenji Nagai yang tewas dalam demonstrasi biksu Myanmar tahun 2007, memenangi kategori breaking news fotografi.

Pulitzer Prize pertama kali diberikan pada 4 Juni 1917. Nama Pulitzer diambil dari nama jurnalis Amerika keturunan Hungaria, Joseph Pulitzer yang meninggal pada 1911. Sebagian uang yang diwarisi Pulitzer kepada Columbia University kemudian dipergunakan untuk mendirikan Columbia School of Journalism pada 1912, dan selanjutnya sekolah itulah yang mengelola Pulitzer Prize ini.

Tiap pemenang Pulitzer diganjar USD 10.000. Khusus pemenang kategori layanan publik juga mendapat medali emas.

screenshot: foto detik-detik kematian Kenji Nagai

Rz, pulitzer-versi-Indonesia-kapan?

Iklan

7 thoughts on “Pulitzer Prize 2008

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s