Antara Blog dan Koran

 
Ada yang menarik ketika menyimak salah satu dari lima perspektif yang disampaikan Wimar Witoelar dalam acara Perspektif Wimar di ANTV jam 06.00 tadi pagi.

Mengutip hasil riset sebuah institute for public policy di New York, si Kribo mengatakan bahwa 50 persen dari remaja AS lebih banyak membaca blog ketimbang koran.

Masih tentang riset, disebutkan bahwa para remaja itu menghabiskan setidaknya 20 jam per-hari untuk sekedar membaca blog.

Ada dua hal yang menarik dicermati. Pertama, soal 20 jam yang dihabiskan remaja AS untuk membaca blog. Kalau diasumsikan dalam sepekan, katakanlah hanya 5 hari para remaja AS mengakses internet (Senin s/d Jumat), sementara Sabtu & Minggu dihitung weekend, maka setidaknya mereka menghabiskan 4 jam per-hari untuk membaca blog. Apakah itu jumlah jam yang normal?

Kalau saya yang selalu berinteraksi dengan internet tiap hari, misalnya, untuk blogwalking pagi dan malam hari biasanya tidak lebih dari sejam. Artinya, dalam sehari maksimal saya baca blog tak lebih dari 2-3 jam. Itu juga kalau ada blog yang ENAK DIBLOG DAN PERLU (hehehe…kayak tagnya Blog Tempointeraktif yah).

Kedua, hasil riset itu memberi sinyal bahwa media online (termasuk Blog) sudah mulai menyaingi koran yang notabene media cetak. Meskipun harus ditelusuri lebih lanjut, berapa persen warga AS yang memiliki akses ke internet dan berminat baca-baca blog.

 Rz, enak-baca-koran-apa-baca-blog?

Iklan

4 thoughts on “Antara Blog dan Koran

  1. kalau menurut saya lebih enak baca blog. Kalau koran atau media cetak (mungkin) ada yg disensor beritanya jadi gak 100% murni, sedangkan blog..menurut saya blogger2 jauh lebih jujur daripada media cetak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s