Akhirnya Ditahan Juga!

Melanglang buana selama 17 bulan, saat akan kembali pulang ke negeri tercinta dan baru saja turun dari tangga pesawat, ehh…malah dicokok polisi. Siapa yang mau coba!

Tapi Thaksin Shinawatra mengalami itu. Mantan Perdana Menteri Thailand yang dipaksa turun dari kursinya lewat kudeta tak berdarah (ada darahnya sih! tapi sedikit hehehe…) pada September 2006 lalu akhirnya berani pulang kampung hari ini.

Berangkat menggunakan pesawat dari Hongkong menuju Thailand. Turun di Bandara Suvarnabhumi, Thaksin langsung ditahan!. Rezim militer yang berkuasa menuding mantan Kolonel di Kepolisian Thailand itu dengan tuduhan korupsi.

Thaksin akan diseret ke Mahkamah Agung untuk diadili. Tapi Thaksin sepertinya cool aja. “Saya akan melapor ke kepolisian Bangkok” tuturnya kepada wartawan di dalam pesawat sebelum mendarat. Dia malah menuding balik kalau tuduhan korupsi terhadap dirinya bermotif politik.

Bisa jadi tudingan Thaksin itu tepat adanya. Sebab, mana ada di dunia ini pemimpin yang dipaksa turun tanpa menghadapi tuduhan korupsi oleh Rezim penguasa berikutnya. Soeharto (Indonesia), Joseph Estrada(Filipina), dan Alberto Fujimori(Peru) adalah sedikit contohnya.

Terlepas dari semua kesalahan Thaksin, loncatan yang dicapainya memang luar biasa. Bayangkan saja, dari seorang Kolonel polisi, pria 58 tahun ini lalu bermetamorfosa jadi pemimpin partai besar Thai Rak Thai. Dengan bekal memimpin Thai Rak Thai yang kemudian menjadi partai mayoritas, Thaksin sukses menduduki kursi Perdana Menteri selama 2 periode, sebelum akhirnya dilengserkan lewat kudeta militer saat dirinya sedang mengikuti sidang PBB di AS.

Selama berkuasa itu pula Thaksin malah jadi bilyuner baru dengan salah satu sayap bisnisnya yang sempat bikin heboh di Indonesia –Shin.Corp itu. Dan hebatnya, selama “buron” di Inggris, Thaksin malah menjajal peruntungan bisnisnya dengan membeli klub sepakbola yang sekarang dibikin naik daun: Manchester City.

Bagaimana nasib Thaksin setelah ditahan? Kita tunggu saja episode nasib Thaksin selanjutnya. Yang jelas, Thaksin nampaknya sudah bertekad menjauhi dunia politik. “Saya akan jadi warga negara biasa” ujarnya.

Rz, anti-kudeta-berdarah

Iklan

2 thoughts on “Akhirnya Ditahan Juga!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s