Negara Mistis

Dalam dua hari, perairan selatan pulau Jawa di Propinsi DI Yogyakarta meraibkan tiga orang. Dua orang hilang digulung ombak Pantai Depok, Bantul pada 23 Januari 2008. Sehari berikutnya, giliran ombak Pantai Trisik, Kulonprogo meraibkan seorang mahasiswa yang asyik bermain-main air di pantai. 5 kawannya berhasil lolos dari gulungan ombak yang memang sedang pasang itu.

Dua hari berlalu, satu dari dua korban hilang di Pantai Depok, Wirawan Ahmad(19), akhirnya ditemukan tewas di sekitar pantai tersebut pada 25 Januari 2008. Sementara Paulus Fernando(23) juga ditemukan tewas di tempat pelelangan ikan di Pantai Trisik hari itu juga. Tinggal seorang korban di Pantai Depok, Furqon Mashudi yang belum jelas nasibnya.

Sebelum korban ditemukan, warga pesisir pantai asyik berbisik-bisik. Bisik-bisik mereka menyebut Laut Kidul( kidul berarti selatan dalam bahasa jawa) sedang meminta tumbal. Katanya, Nyai Roro Kidul murka. Warga pesisir pantai, atau warga Yogyakarta pada umumnya, tak lagi menghormati si Ratu penguasa pantai selatan itu. Tak ada sesaji untuknya pikir mereka.

Di Bantul, ada paranormal cantik. Bunda Lia demikian ia biasa disebut. Bunda Lia biasa melakukan ritual di Pantai Parangkusumo –juga pantai selatan Jawa– bersama murid-murid di padepokannya. Diwawancarai stasiun televisi swasta soal Soeharto, Bunda Lia bercerita bahwa Presiden RI ke-2 itu punya dua ilmu atau ageman ditubuhnya yang membuat ia selalu kembali sehat setelah didera sakit kritis.

Kata Bunda, Soeharto punya ajian Batara Karang, dan Bunga Wijayakusuma. Ajian Batara Karang biasa diburu dan dimiliki oleh orang yang ingin hidup abadi. Sementara ajian Bunga Wijayakusuma, menurut Bunda Lia, apabila orang dalam keadaan sekarat pun, kalau kena bunga (Wijayakusuma) ini akan sehat kembali. Soeharto mendapat ajian Bunga Wijayaksuma di Cilacap. Bunda Lia yang mengaku sebagai cicit almarhum Romo Marto –guru spiritual Soeharto– meyakini, dua ajian inilah yang setidaknya membuat Soeharto membaik kesehatannya setelah mengalami masa-masa kritis terbaring di RSPP.

***

Dua cerita, beda subyek, tapi punya benang merah yang sama: Mistis. Sesuatu yang dianggap misterius, gaib, namun dipercaya itu ada. Apakah orang yang hilang di Pantai Depok dan Trisik itu adalah tumbal yang diminta Nyai Roro Kidul? Mungkinkah Soeharto kembali sehat dari kritisnya akibat “tersentuh” Bunga Wijayakusuma, dan memiliki ajian Batara Karang itu?

Alam pikiran bangsa Indonesia memang sudah dikuasai yang mistis-mistis begitu. Sudah tradisi zaman orba, sesuatu yang mistis kadang dimitoskan demi legitimasi penguasa. Nah, jangan-jangan negara kita ini juga mistis!

just kidding.

Rz, pengen-punya-ajian-awet-tampan

Iklan

5 thoughts on “Negara Mistis

  1. Cerita mistik Nyi Loro Kidul dan semacam itu adalah bentuk lain dari indoktrinasi, bentuk lain dari penjajahan pikiran, dengan tujuan agar rakyat takut dan takluk.

    Siasat itu ditiru oleh Soeharto untuk melanggengkan kediktatorannya, antara lain lewat indoktrinasi mengenai kepahlawanannya mengusir penjajah (Serangan Umum 1 Maret), jasa besarnya menumpas “musuh agama” (PKI); dan melalui program cuci otak dengan nama Penataran Pancasila.

    Satu lagi jenis mistik yang sangat merasuki jiwa ralyat Indonesia, khususnya di Jawa, adalah eskpisme berupa kepercayaan bakal datangnya Ratu Adil. Kepercayaan itu yang membuat rakyat bersabar dikekang, diinjak, diperas dan dikelabui sejak zaman kerajaan, kolonial sampai era Reformasi sekarang ini.

    Salam

  2. HIDUP INI PENUH MISTERI.KITA TAK TAHU JUGA ENTAH KEMANA SETELAH MATI.TUHAN JUGA PENUH MISTERI.NASIB JUGA PENUH MISTERI.INDONESIA TERKUNGKUNG ALIRAN SESAT YANG MENGANTARKAN UMATNYA PADA KIAMAT.NAPSU BEJAT TERHEMBUS 5 KALI SEHARI.HANYA TUHAN YANG YANG BERHAK MELEBUR SEMUA INI.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s