SARS (Sindrom Aku Rindu Soeharto)


Pak Harto lengser keprabon dari kursi Presiden hampir 10 tahun silam. Hujatan, dan juga tuduhan koruptor kontan menerpa dirinya bertubi-tubi setelah ia menyerahkan tampuk kekuasaan ke B.J Habibie pada 22 Mei 1998.

Bukan cuma hujatan, Pak Harto juga dihadapkan pada seabreg kasus hukum: korupsi, pelanggaran HAM dll. Soal kasus hukum, Pak Harto boleh lega. Berkat kelihaian gerombolan pengacaranya, Soeharto berhasil “diamankan” dari jerat Pengadilan berdalih sakit ingatan permanen.

Tapi itu soal jerat hukum. Soal hujatan, belum juga reda. Hanya saja hujatan itu seolah-olah berbalik arah sekarang ini. Begitu ia kritis belakangan ini, dan menjelang ajal akhir-hayatnya, tiba-tiba saja banyak orang yang mengelu-elukan dirinya. Bahkan kemudian melontarkan wacana memaafkan dengan mempertimbangkan jasa-jasa baik beliau selama 32 tahun.

Bak anekdot saja, yang semula dibenci dan dihujat, kini berbagai simpati mengalir balik kepada mantan penguasa rezim orde baru ini.

Gejala apa? SARS-kah ini?

Rz, SARS- yang-ini-penyakit-mematikan-bukan?

Iklan

9 thoughts on “SARS (Sindrom Aku Rindu Soeharto)

  1. rakyat indonesia sudah amnesia (minum panadol kali ya!:D). Tapi begini pendapatku: Soeharto memang bersalah melakukan korupsi, pelanggaran HAM, pembodohan masyarakat dsb. Tentu juga ada jasanya (menurut saya keberhasilan Orba semu).

    Bisakah kita memaafkan? Bisa. Tapi bukan berarti tidak melewati proses hukum (Loh, negara kita ini negara hukum, bung!). Sudahlah, bawa Soeharto ke pengadilan. Adili. Lalu putuskan bersalah. Vonisnya? Nah disini kita bisa memaafkan (mengampuni lebih tepatnya). Tidak usah dihukum badan(penjara), cukup denda (sita asetnya untuk negara).

    Beres kan! Tidak usah memaafkan, apalagi melupakan. Adili dulu, baru maafkan.

    *****
    Ulasan yang menarik. Saya setuju mas Dono. Memaafkan boleh-boleh saja, asal tidak menafikkan proses hukum.

  2. apa yg bisa di buktikan setelah masa REVORMASI???,..menurutku sichhh cuma satu yg bisa di buktikan,,, yaitu smua orang pada pinter BACOT…..hasilnya NOL ….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s