Sosialisme Ala Chavez


“Silahkan bayar minyak kami dengan pisang atau gula” kata Chavez dihadapan negara-negara Amerika dan Karibia pengekspor dan pengimpor minyak. Negara-negara itu biasa disebut juga kelompok Petrocaribia.

Presiden Venezuela yang kental dengan gaya sosialisme ini, juga mengutarakan niatnya menciptakan geopolitik baru di ranah perminyakan. “Kelompok ini tidak akan melayani imperialisme dan kapitalisme” tambah Chavez lagi.

Tentunya Chavez tak sekedar cuap-cuap omong kosong. Ia punya cukup alasan untuk berkata seperti itu. Lihat saja, produksi minyak Venezuela masuk lima besar dunia. 17 negara anggota Petrocaribia disuplai kebutuhan minyaknya oleh negara yang luasnya tak lebih dari setengah luas wilayah Indonesia ini.

Chavez sadar betul, Venezuela bercokol kuat di ranah perminyakan Petrocaribia. AS yang menguasai pasar minyak dunia pun, tak bisa memasuki wilayah ini. Karena itulah Chavez cukup berani beretorika menjual minyaknya dengan pisang, atau gula bahkan.

Apa yang ditawarkan Chavez itu tidak aneh sebenarnya. Lihat saja apa yang dilakukan Chavez kepada Kuba. Negara Fidel Castro itu disuplai 100.000 barel minyak per hari oleh Venezuela. Untuk semua itu, Kuba hanya perlu “membayar” dengan ribuan dokter dan guru yang mengajar gratis di Venezuela.

Berita versi BBC dapat dilihat disini


Rz, doyan-pisang-bukan-sosialis

Iklan

12 thoughts on “Sosialisme Ala Chavez

  1. Apapun “bentuk”-nya, yg jelas, gaung demokrasi, sosialisme, entah apapun itu, hanya dinikmati oleh kalangan yg sudah berkecukupan. Bagi yang lapar, ya tetap lapar…. 😦

    Rz: sepakat. gimana ngomong sosialisme, kalau perut masih lapar :mrgreen:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s