Beware of Klepto

Wikipedia menjelaskan kleptomania itu “is an inability or great difficulty in resisting impulses of stealing”. Ada hasrat berlebih untuk mengambil, atau mencuri sesuatu yang kecil dan mungkin tak berharga. “People with this disorder are compelled to steal things, generally things of little or no value, such as pens, paper clips, small toys, or packets of sugar” tambah wikipedia lagi.

Kepuasan yang dicapai oleh kleptoman [pengidap klepto] bukan pada nilai ekonomis barang yang mungkin sangat kecil itu, tapi pada keberhasilan mengambil barang yang membuat dia ngiler untuk melampiaskan hasrat kleptonya.

Tapi sekarang, pengertian “barang kecil” mulai berubah. Menurut saya “barang kecil” itu termasuk pengertian untuk barang-barang yang memang secara harafiah punya ukuran kecil seperti ponsel, PDA, iPod, flashdisk, camera digital pocket dan lain lain, tapi punya nilai ekonomis yang lumayan membuat kita bersedih kalau sampai kehilangan itu.

Jadi, hati-hati kalau meletakkan barang-barang kecil bernilai ekonomis tinggi itu ditempat umum, semisal di kantor. Ingat! kleptoman yang sangat mungkin orang yang didekat Anda, senantiasa mengincar barang kecil itu dan mengembatnya dalam satu tangkupan tangan saja. Hap!!! raib sekejapan mata.

Rz, habis-kehilangan-camera digital-dan-dompet

11 thoughts on “Beware of Klepto

  1. kenapa ya.. rasanya judul postingan yang ini ditujukan kepada saya…*he he he*
    padahal itu kan suatu bakat alami yang diturunkan secara genetik *hia ha ha*

  2. Qsedih klo denger ini.you know why?cz Qda satu tahun lebih deket ma ank ky gni.Qg tw ap jln pkirannya dy…bwt jauhiQ.padahal Qsayang bgt ma dy& mw trima kekurangannya itu.apa karna dy tkt klo org2 pda Gsk maQ gara2 Qpcaran ma dy yg klepto kay gtu….bgi sp aja yang baca ne,,tlg bantuQ y bwt kasih solusi?plizzzzzzz
    panjigitara@rocketmail.com

  3. bingung juga sih….
    apa bedanya klepto ama pencuri atao tukang copet misalnya.
    sepemahaman saya sih kalo klepto tuh ngambil barang2 sepele dan dia ndak sadar, tapi kalo yang namanya mencuri tuh ya emang dah ada niatan tuk ngambil barang-barang berharga aja. Atau mungkin ada yang bisa bantu mekluruskan pemahaman saya, mungkin…

  4. hmmm…bagi ak klepto it sesuatu perbuatan yang dilakukan seseorang yang memeng gk bs ngontrol drix …
    karena ak pernh menjadi korban dari shbt ak sndri tp bedax dy memang suka boong n hianatin tmnx sndri n pitnah tmnx sndri termask ak…
    ak pngen bngt ngerubh smua kejlekan yg dy mlikin tp ak gk tau gmn crx…krna ak jg dh terljr skt hati m dy….
    DITA DWININGTYAS kapan kamu mau berubah???????

  5. gw sering nongkrong bareng & ngerokok bareng temen2.
    trus pas balik ke rumah biasanya gw sering nemu korek punya temen gw di kantong celana gw..
    gw ga pernah nyadar kapan gw ngemasukin korek tersebut ke kantong celana gw & gw juga g pernah punya niat buat ngambil korek tersebut.
    koreknya juga pasti cuma korek murah kaya korek tokai yg harganya cuma 1000-2000an.
    kalo kaya gitu termasuk klepto bukan ya??

Tinggalkan Balasan

